[Book Review] BERTAHUN-TAHUN BERTAHAN

 Buku "Bertahun-tahun Bertahan" adalah buku yang berisi sekumpulan puisi dari Ivanasha atau yang dikenal di instagram sebagai @_lieb.





Judul: Bertahun-tahun Bertahan

Penulis: Ivanasha

Penerbit: Mediakita

Halaman: 100

Ukuran: 13 x 19 cm

Tahun terbit: 2019

ISBN: 978-979-794-592-3


Dari segi cover aku suka melihatnya. Tampak ada pemandangan gunung, jajaran bintang, bulan dan semacam ada beberapa planet yang keseluruhan gambar pemandangan itu Black & White dan tepat seperti judul yang terletak di atasnya "BERTAHUN-TAHUN BERTAHAN". Cukup mewakili dan memuaskan hati ketika mengoneksikan judulnya dan gambar dari sampul. Yang menurut pandanganku sebelum membaca--gambar itu sudah mewakili bagaimana seseorang pasti sudah lama menunggu dan bertahan, ia pasti telah melewati beberapa malam hingga musim yang kian berganti demi menunggu datangnya harapan.


"selalu ada mimpi-mimpi tentangmu yang tetiba datang di malam tanpa bintang

menerjemahkan rindu yang terlalu lama mengendap di kediaman hatiku (. . .)"


Begitulah potongan puisi di halaman 18 ketika aku membaca buku ini. Membuat hatiku tersentuh dan betapa aku membayangkan jikalau aku yang menjadi korban bertahan selama bertahun-tahun,pasti nangis mulu tiap makan sampai minum tersedak saking ngarepnya heuheu...


"di dalam diriku, kau adalah mimpi yang membuatku menunggu; yang setiap hari kurangkai dengan doa dan andai. Sebab mungkin, setelah bertahun-tahun mencoba, pada akhirnya kau terkabulkan juga" (hal. 54)


Bagaimana? aku yakin tidak hanya aku yang menjadi ikutan tersayat hatinya tetapi kamu yang sedang membaca ini juga.

Buku ini adalah kumpulan puisi namun dalam satu buku ini, aku seperti sedang membaca catatan usang seseorang yang berinisial "A". Aku mencurigai bahwa buku ini adalah cerita asli yang terjadi di kehidupan seorang yang berinisial "A" ini, lalu menceritakannya kepada sang penulis hingga akhirnya lahirlah buku ini.

Seperti yang kukatakan, aku seperti sedang membaca catatang usang. Bagaimana tidak? alur dari setiap halaman bahkan perasaan begitu rapih dan apik. Apalagi aku menemukan ada satu puisi yang membeberkan bahwa ia sudah bertahan selama sepuluh tahun? wow!!

Maybe i cannot like that


Aku ngga tahu, ya entah ini terinspirasi dari kisah nyata atau bukan, buku ini sangat berhasil membuat aku terkesima dengan diksinya sampai tata letak katanya yang mampu menghunus hati aku. Buku ini sebenarnya sudah berulangkali aku baca. Mungkin tiga kali atau lebih dari itu. Karena selain bukunya ringan dibawa ke mana-mana dan dibaca cukup untuk sekali duduk, buku ini lagi dan lagi membuat aku tersayat berkali-kali.


Yang aku dapat dari buku ini setelah berkali-kali membacanya, aku menemukan keindahan dari rasa sakit dan cinta; bahwa setiap bentuk pertahanan diri dari luka yang begitu hebat, ada cinta yang teramat kuat.

Rate: 4.9/5.0

Buku ini bagiku sempurna. Kak Ivanasha berhasil membuat sekumpulan puisi ini hingga menjadikannya sebagai misteri.



Comments

  1. terima kasih, bas, atas apresiasinyaaaa.. terima kasih banyak-banyak! tetap semangat menulis, ya! kamu penulis keren. semoga bukuku juga bisa menginspirasi kamu :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Perlu Dibaca