Tips Agar Minat Baca Meningkat

    



 Karena pembahasannya adalah tentang minat baca, kita kesampingkan dulu dengan data minat baca warga Indonesia seperti yang kamu pernah baca di artikel-artikel lainnya.

     Lalu? bagaimana, sih? agar minat baca kita meningkat? nah, kita mulai aja dengan beberapa tips yang aku lakukan agar minat bacaku meningkat-- yang tadinya males banget buat baca atau moody-an sampai akhirnya ngga pernah baca (buku fisik, buku digital, artikel) sama sekali.

Mesti banget, ya? membaca itu lekat dengan buku, artikel dan sebagainya?

Jawabannya, iya! sebelum aku menjelaskan mengapa lekat dan harus, aku akan kasih wejangan dulu sampai akhirnya kamu membaca alasan dari pertanyaan dan jawaban di atas.

     

1. Membaca Deskripsi Postingan Yang Kamu Lihat

     Sebelum itu, aku mau bertanya. Apakah setiap kamu scroll melihat-lihat postingan tiap pengguna platform kamu membaca habis deskripsinya? mengapa aku mempertanyakan ini? karena deskripsi itu penting yang di mana fungsinya adalah menunjukkan, memberi kabar, kejadian tentang gambar atau video yang terkait. Cobalah dulu memulai dengan membaca setiap postingan yang kamu lihat di platform kamu hingga selesai.

Baca Juga:

3 Tips Menghadapi Writer's Block


2. Luangkan Waktu untuk Membaca 10-15 Menit

     Luangkanlah waktu untuk membaca buku baik buku fisik mau pun buku elektronik. Sekiranya rasa malas mulai datang, cobalah untuk tetap membaca meski dalam waktu 10 sampai 15 menit. Ini harus kamu lawan, tidak apa jika hanya meluangkan sedikit waktu untuk membaca. Karena dengan itu, jika kamu lakukan secara rutin setiap harinya (sehari 10-15 menit), lambat laun akan menjadi habit. Contohnya seperti aku saat ini, karena aku melakukan cara ini, sekarang kegiatan membaca tidak lagi menjadi sebuah opsional dengan meluangkan tapi sudah menjadi wajib. Pernah aku bingung mengapa aku merasa aneh seakan ada yang kurang. Ternyata kekurangan yang aku alami itu karena aku belum membaca buku pada hari itu hingga akhirnya aku membaca buku dan kalian tahu!? aku merasa sudah lengkap dan akhirnya aku bisa tidur, hehe...

3. Fokus Membaca Satu Buku

     Jadilah monogami dalam kegiatan membaca. Fokus dalam satu buku. Karena dengan cara ini, seperti yang aku alami, aku berevolusi menjadi orang yang serba ekstra sabar dalam menghadapi apapun. Mengapa? karena aku sudah mengimplementasikan 'bagaimana menjadi sabar' dengan membaca satu buku. Cobalah untuk memberi sugesti atau kalimat mantra agar rasa ingin membacamu terus ada. Misal "aku harus membaca, dengan membaca aku bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya". Bersabarlah untuk menyelesaikan satu buku dengan bersabar dan terus kamu baca buku yang kamu baca, kamu bisa menjadi yang lebih baik. Namun jika kamu belum bisa menjadi monogami dalam membaca, kamu bisa membaca buku yang lain ketika kamu mulai merasa jenuh atau berkurang minat di buku sebelumnya. Ini tidak apa dilakukan asal jangan terlalu banyak. Jadilah yang setia dan penyabar dalam setiap kegiatan membaca. Karena membaca buku, kamu tidak akan pernah bisa menyimpulkan isi buku tersebut jika hanya kamu baca lima lembar atau juga 50% dari keseluruhan halaman buku tersebut.

4. Buatlah Daftar Buku Bacaan dan Lihat-lihat Bookstagram atau Book Review

     Kalian pasti tahu bookstagram, bukan? ya, dengan kalian melihat-lihat postingan mereka, rasa ingin membaca kalian akan timbul karena menariknya ulasan buku tiap blogger atau sampul buku hingga feeds bookstagram yang keren-keren. Inilah yang aku lakukan juga. Dan seringkali aku membuka platform belanja online untuk melihat-lihat buku. Kalau aku tidak memiliki banyak uang untuk membeli buku baru, aku biasanya melihat-lihat dan membeli buku bekas yang tentu harganya lebih terjangkau dari buku yang masih baru. Tidak apa dengan membeli buku bekas asal masih asli tidak bajakan.

5. Ajak Diskusi Temanmu

     Cobalah untuk berdiskusi dengan temanmu terkait dengan bacaanmu, Pasti akan ada informasi yang belum diketahui oleh temanmu hingga kamu bisa menceritakan dan berdiskusi tentang apa yang sudah kamu baca.

6. Lingkungan Mempengaruhi Minat Bacamu

     Lingkungan memang mempengaruhi minat baca kita. Apalagi terkhusus buat kalian yang baru saja ingin memulai menekuni dalam dunia membaca, cobalah berteman dengan orang-orang yang memiliki wawasan luas, pembahasan yang dibawa substansial, suka membaca dan mereka yang mendukung kamu untuk melakukan hal-hal yang baik.

7. Bacalah dengan Genre Buku Apapun.

     Jangan minder atau tidak percaya diri dengan genre buku apa yang kamu baca. Kalau kamu suka fantasy, fiksi, sains, filosofi, self-improvement, bacalah dan jangan pernah takut untuk mengeksplorasi diri kamu dengan bahan bacaan kamu. Lambat laun, minat bacamu akan berevolusi dan tentu itu atas kesabaran dan proses yang sudah kamu lalui. Bagus, 'kan? 

8. Baca di Manapun dan Kapan pun Kamu Ingin

     Bacalah di mana kamu suka dan kapan kamu ingin. Cobalah membaca di Coffee Shop yang tidak ramai bilamana kamu sering kali membaca di kamar. Jika kamu tidak sempat membaca karena jadwal dan kerjaanmu yang padat, cobalah membaca sebelum tidur atau sesudah bangun tidur. Tapi kalau aku, sih, saat ini sudah bisa membaca di manapun dan kapan pun aku mau walaupun ramai walaupun lelah.

Apa yang akan didapat setelah kamu suka membaca buku? hal yang akan kamu dapat adalah konsep kesabaran, bagaimana menganalisis setiap permasalahan di hidupmu, wawasan yang luas, paham konteks, banyak perpustakan kata di dalam kepalamu dan banyak lainnya yang pasti baik untuk dirimu. Jadi tunggu apa lagi? lakukan sekarang juga!



Comments

  1. Terima kasih sudah memberi tipsnya! semoga ini bisa kulakukan!

    ReplyDelete

Post a Comment

Perlu Dibaca