3 Tips Untuk Menghadapi Writer's Block



Gue yakin lo yang membaca artikel ini adalah orang-orang yang sedang mengalami dan pernah ada di keadaan lo bingung untuk memulai sebuah karya tulisan, puisi, artikel, blog dan sejenisnya.

Pasti tahu, 'kan? yang sekarang lo alami itu adalah writer's block?

Writer's block adalah  suatu keadaan di mana penulis tidak sanggup lagi meneruskan tulisannya, menciptakan tulisan yang baru. Faktor ini bisa karena lo sudah kehabisan ide dalam perpustakaan kosakata yang lo punya. Tenang, gangguan ini hal yang lazim untuk  para penulis setiap ingin menciptakan sebuah tulisan. Lalu, gimana, sih, cara mengatasi writer's block ini agar tulisan lo tetap bisa dilanjutin hingga rampung?

Berikut adalah trik yang biasa gue terapin ketika gue mengalami writer's block dan ini pasti bermanfaat buat lo semua.

Membaca Sebelum Menulis

Kalau lo mau menulis artikel, blog, puisi, novel tapi lo bingung mau menulis tentang apa, singkatnya, lo buntu, ya. Pengen nulis, tapi ngga tahu mau nulis apa atau ngetik apa. Cuma bisa bengong di depan layar, ketok-ketok meja atau mainin pena, pensil dan ngga bisa berbuat apa-apa terhadap tulisan lo.

     Coba, deh, membaca terlebih dahulu sebelum lo melanjutkan tulisan lo. Karena dengan membaca, lo bakalan menemukan kosakata baru atau sudut pandang baru. Intinya, dengan membaca apa saja mau buku fisik, buku digital, artikel, pokonya apa saja yang bisa lo baca kecuali riwayat chat mantan, hehe...

 

Freewriting

Ada yang belum tahu apa itu 'freewriting'? freewriting bisa lo lakuin ketika lo masih berada di suatu keadaan lo bingung mau tulis atau ngetik apa. Terus, gimana, sih, freewriting? ya, lo tulis aja, tulis bebas apa yang mau lo tulis. Fungsi dari freewriting adalah pemicu ide hingga pada titik lo udah menentukan apa yang mau lo tulis. Ketika lo melakukan freewriting, tidak usah memerhatikan diksi, sudut pandang. Ya, freewriting memang tidak memerhatikan ejan, pemilihan kata, tata bahasa, karena lo bebas mau nulis, ngetik apa, topik apa saja, intinya bebas.

Dengan freewriting, lo tetap menjalankan tulis menulis, ketik mengetik. Karena, ya, inti point dari menulis, ya, lo tulis aja dulu, hingga lo menemukan topik apa yang menarik untuk lo tulis.

 

Mendengarkan Instrumen atau Musik

 

Kebiasaan kalau gue mengalami gangguan writer's block, gue selalu dengerin instrumen atau musik. Nah, dengan mendengarkan instrumen, musik lo akan dibawa oleh imajinasi lo dengan apa yang lo dengar dan itu akan berhasil membuat lo membentuk ide cerita, sudut pandang. Biasanya ketika gue mendengarkan musik atau instrumen, gue lebih mampu mengonstruksi ide terhadap tulisan puisi, novel, cerpen, yang lebih ke konteks fiksi.

 

Pilih Tempat Ternyaman Untuk Menulis

 

     Nah, yang terakhir ini amat memengaruhi dengan apa yang ingin lo buat. Coba pilih dan pergi ke tempat di mana yang bisa buat lo nyaman. Misal, lo lagi di rumah, nih, terus lo mau melanjutkan naskah lo atau ide tulisan lo, nah, coba aja lo pikir tempat mana yang ingin lo datengin biar membantu sedikit banyak terhadap kenyamanan dan ide tulisan lo. Buktinya, ketika gue menulis artikel ini, gue ada di salah satu coffee shop kesukaan gue dan membantu artikel ini agar terpublish.

 

Nah, bagaimana? coba aja dulu. Gue yakin tips gue ini bisa membantu lo. Selamat mencoba dan terima kasih. Coba komen di bawah ini buat lo yang sudah tahu trik ini dan terbukti membantu lo.

 

 

 


Comments

Perlu Dibaca